Beras kencur

what is beras kencur in english ?? its sound like I never hear it as far….

ya iyalah, jamu beras kencur kayaknya cuman ada di disini aja… jowoo… 😀 mesti mayoritas yang jual jamu beras juga mbok2 atau mbak2nya orang jawa… + bisa berbahasa jawa… kalau dari wikipedia sih, jamu gendong banyak ditemukan berasal dari sukoharjo, jawa tengah. sampai-sampai di sukoharjo didirikan patung mbok jamu lagi nggendong jamunya…

Tapi yang jelas sejak jaman saya masih kecil… terutama sejak kepindahan kami sekeluarga ke temanggung tepatnya di desa kemloko, kranggan… sejak itulah saya mulai mengenal yang namanya jamu beras kencur… berikut kawan-kawannya seperti jamu kunyit asem, brontowali… dan jamu-jamu pah….itan yang lainnya… entah masing-masing manfaat dari jamu itu apa belum gitu ngerti juga pada saat itu… yang jelas hobi saya saat itu ya cuman jamu beras kencur, apalagi kalau di minumnya pas masih hangat… slurrppp… superrr sekali rasanya… rasanya yang manis dicampur rasa beras + kencur, bener-bener bikin ketagihan lho… jadi setiap pagi pasti selalu setia menunggu mbok jamu lewat…

sebenernya manfaat nya apa ya beras kencur ???

jadi manfaat beras kencur itu ternyata banyak banget lho… baru ngerti setelah dari kemaren sibuk mencari resep cara membuat jamu beras kencur via googeling….
1. dapat menyegarkan badan…
2. kandungan minyak atsirinya, ternyata mampu meredakan rasa nyeri dan sakit
3. menambah stamina… ini nih, buat yang sering pegal linu encok bisa dicoba untuk mengkonsumsi beras kencur
4. mengurangi gejala maag karena dapat menebalkan dinding lambung
5. menambah nafsu makan… tapi dari beberapa referensi ternyata bisa melangsingkan badan lho…
6. meredakan gejala masuk angin
7. yang terpenting nih mengurangi timbulnya jerawat

ternyata oh ternyata baru “NGEH” kalau jamu favorit saya banyak sekali manfaatnya…

untuk cara pembuatan jamu beras kencur nya nih, pertama-tama siapkan bahan-bahan yang diperlukan… misal ada beberapa bahan yang tidak bisa atau unavailable bisa dicoret dari daftar yang bisa dimasukkan dalam pembuatan.. kecuali kunir, jahe, kencur, asem, gula jawa, gula pasir, beras sama sedikit garam sih…
kalau kencur sama berasnya aja engga ada… berarti namanya ngga jadi beras kencur dong… LOL

bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat beras kencur :
1. beras putih
2. kencur
3. jahe
4. asam jawa
5. gula merah
6. garam
7. gula pasir
8. pandan
9. kunyit
10. jeruk nipis

cara pembuatannya
1. rendam beras kedalam air bersih selama kurang lebih 3 jam
2. rebus kencur, jahe, asam jawa, kunyit, gula merah, garam secukupnya dan gula pasir sesuai selera, serta pandan…
3. setelah mendidih, ambil bahan-bahan diatas, giling bersama dengan beras yang telah direndam
4. Masukkan air rebusan perlahan-lahan kedalam bahan-bahan yang telah digiling
5. tambahkan jeruk nipis
6. Saring dan siap dihidangkan….

ternyata so simple ya… kemaren sempet coba bikin dengan asal2 aja buatnya… dan hasilnya GATOT alias gagal total… karena yang diharapkan jamu beras kencur, ini hasil akhirnya jadi kayak jenang candil….
setelah di investigasi lebih lanjut, kesalahan terbesarnya adalah setelah menggiling bahan-bahan tadi… langsung dimasukkan kedalam air yang mau direbus… Alhasil beras gilingnya mengental jadi kayak bubur deh 😦 udah gitu si embaknya dengan PD nya bilang… tapi rasanya enak lho… hahahaha….

selamat mencoba ya… hidup sehat dengan bahan-bahan yang alami ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: